Sayings

Tel/Whatsapp/Wechat: +62 817 087 5335
Email: yumin@woaini-mandarin.com
Skype: yumin_glintysk
QQ: 17454 72910

Woaini Mandarin merupakan bentuk kecintaan kami terhadap bahasa, dengan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, kami berharap dengan menguasai bahasa Mandarin yang saat ini dikenal sebagai bahasa internasional ke-2 setelah bahasa Inggris, akan dapat membuka peluang yang lebih luas bagi Anda.

Dengan tim yang kompeten dan berkomitmen tinggi, Woaini Mandarin menyediakan jasa terjemahan bahasa Mandarin (Traditional/Simplified) - Indonesia - Inggris, dengan pengalaman 18 tahun (sejak 1998), yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Melalui alih bahasa, tim kami siap mendukung Anda menembus peluang dan pasar yang lebih luas!

Kamis, 24 November 2011

孟母三迁 Ibu Meng yang Bijaksana

       战国时代,孟子小时候的家靠近墓地,学会了许多祭奠动作。Pada zaman perang, saat Meng-zi masih kecil, rumahnya berada di dekat pemakaman, sehingga Meng-zi ikut-ikutan mempelajari yang biasa orang lakukan dalam prosesi pemakaman.

      “不能让孩子在这个地方住下去。于是孟家就搬到城镇里去住。新的家就在集市边上,孟子就模仿商人做买卖,你吹牛,我夸口,把商人的模样学得维妙维肖。Anak tidak boleh terus tinggal di sini. Lalu keluarga Meng pindah ke kota. Rumah barunya terletak di pusat kota, Meng-zi ikut-ikutan mempelajari tingkah para pedagang dalam bertransaksi, termasuk cara bicara yang berlebihan dan mengada-ada.

      “这里也不行,还得搬家。不久,孟母把家迁到书塾附件,书塾里来来往往的人都很有礼貌,孟子都学会了。他和小伙伴们玩时又遵守秩序又讲究礼貌。Di sini juga tidak bisa, harus pindah rumah lagi. Tidak lama kemudian, Ibu Meng pindah ke dekat sekolah, orang-orang di sini sangat sopan, Meng-zi juga mempelajarinya. Saat di bermain dengan teman-teman kecilnya, juga sangat sopan dan ikut aturan.

      “嗯,这才是我的孩子最适合居住的地方。 “Ya, inilah tempat tinggal yang paling cocok bagi anak saya.”

      后来,孟子成为一位大圣人。孟母为了让孩子有更好的生活环境而三次搬家。成语孟母三迁由此而来。Kemudian, Meng-zi menjadi seorang filsuf besar. Untuk memberikan lingkungan kehidupan yang lebih baik bagi anaknya, Ibu Meng sampai pindah rumah 3 kali. Inilah asal-usul peribahasa ini.

Moral :
母亲选择良好的环境教育孩子
Orang tua yang bijak akan memberikan lingkungan terbaik bagi anaknya.

Sumber teks Mandarin & gambar : http://www.youban.com/story-280.html
Diterjemahkan olah : Woaini Mandarin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar